--> Sering Gagal di Wawancara Kerja? Begini Tips Cara Menjawabnya | MEDIA INFO

Sunday 19 April 2020

Sering Gagal di Wawancara Kerja? Begini Tips Cara Menjawabnya

| Sunday 19 April 2020



https://mediaakses1.blogspot.com/



Sering Gagal di Wawancara Kerja? Begini Cara Menjawabnya



Wawancara kerja adalah tahapan akhir yang harus dilewati dalam proses penseleksian karyawan. Oleh karena itu, tahapan inil merupakan tahapan yang paling pentng untuk dilalui. Supaya Anda tidak merasa gugup dan dapat menciptakan kesan yang baik, pelajarilah pertanyaan-pertanyaan yang sering ke luar ketika wawacara kerja. 

Di bawah ini adalah contoh-contoh pertanyaan wawancara kerja, tips menjawab dan contoh jawaban terbaiknya.


Ceritakan tentang diri Anda ?


Pertanyaan ini sering kali ditanyakan dalam proses wawancara kerja. Jawablah dengan mantap tentang identitas diri, bidang yang Anda kuasai, karier sebelumnya, hobi, dan prestasi – prestasi yang pernah Anda raih. Jangan sampai jawaban Anda berbeda dengan yang tertera di surat lamaran dan curriculum vitae.

Jawaban :

Saya adalah Muhammad Mashuri Nugraha. Saya merupakan anak pertama dari 3 bersaudara. Saya adalah lulusan dari Universitas Negeri Lampung, jurusan Ilmu Komputer. Sebelumnya, saya bekerja di salah satu perusahan nasional di bidang tehnisi komputer. Tehnik dan sistem jaringan kompter adalah bidang yang saya kuasai. Selain itu, saya juga bisa menguasai bahasa inggris baik oral maupun written.  Saya memiliki hobi bermain musik, seperti gitar dan bass. Dengan hobi saya itu, saya pernah meraih juara di berbagai lomba seperti lomba pentas seni, dan solo song. Tidak hanya itu, ketika SMA saya pernah mengikuti olimpiade komputer tingkat nasional. 


Baca Juga :

Menghasilkan Uang dari Rumah Tanpa harus Kekantor! Begini Caranya


Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan Anda ?


Pertanyaan ini membutuhkan jawaban yang kontras mengenai kelebihan dan kekurangan Anda. Ceritakanlah potensi yang relevan dengan bidang yang Anda lamar. Dan untuk menceritakan kekurangan, ceritakanlah sejujur-jujurnya karena jika Anda berkata tidak memiliki kelemahan menandakan Anda sombong.

Jawaban :
Saya adalah orang yang cepat dalam belajar suatu hal yang baru. Saya tidak membutuhkan waktu lama untuk menguasainya. Kelemahan saya adalah , saya tidak bisa bekerja dengan jadwal yang sangat cepat atau deadline. Oleh karena itu, saya sering menyelesaikannya di awal waktu.

Bagaimana Anda mendefinisikan kata sukses ?


Jawablah pertanyaan di atas dengan sangat menyakinkan karena pewawancara Anda ingin melihat pandangan Anda tentang sukses.

Jawaban :
Bagi saya sukses adalah ketika saya telah mengeluarakan potensi saya secara maksimal dan juga bisa berguna baik bagi diri saya sendiri, maupun orang lain di sekitar saya.

Baca Juga :

Pekerjaan Selain CPNS, Dengan Gaji yang menjanjikan


Pernahkah Anda mengalami kegagalan dan bagaimana Anda menyikapinya ?


Pewawancara ingin melihat reaksi sejauh mana Anda beangkit dari masalah yang pernah menimpa Anda. Jawablah pertanyaan tersebut dan jelaskanlah kegagalan itu seolah – olah membuat Anda semakin bersemangat.

Jawaban :
Saya sering mengalami kegagalan-kegagalan di dalam hidup. Tetapi, saya memandang kegagalan tersebut merupakan cara yang tuhan berikan untuk saya mengintrospeksi diri dan menambah nilai saya. Ketika saya lulus dari SMA, saya pernah mencoba mendaftar di Sekolah Akuntansi Negara tetapi saya gagal. Namun saya terus belajar dan hingga akhirnya saya diterima di universitas negeri, waluapun bukan di STAN.


Dimana Anda melihat posisi Anda dalam 5 tahun lagi ?


Pewawancara ingin melihat keyakinan diri Anda, jawablah dengan realistis dan hubungkanlah dengan bidang yang Anda lamar.

Jawaban :
Saya melihat diri saya telah berkembang menjadi salah satu programmer di perusahaan ini. Saya juga telah memiliki banyak sekali teman dan menemukan tantangan-tantangan untuk menuntun saya menuju kesuksesan.

Hal apa yang membuat diri Anda berada dalam posisi yang sangat sulit, dan bagaimana cara Anda mengatasinya ?


Pewawancara ingin melihat bagaimana Anda mengatasi kesulitan dalam pekerjaan Anda. Jawablah dengan memberikan solusi yang terbaik.

Jawaban :
Saya merasa kesulitan ketika mendapatkan tugas yang menumpuk dengan jadwal waktu yang sangat padat. Hal ini akan membuat saya tertekan dan mempengaruhi hasil kerja saya. Oleh karena itu, saya selalu mengerjakan pekerjaan yang diberikan dengan segera dan di awal waktu yang telah ditetapkan. Hal itu saya lakukan agar saya bisa tenang mengerjakannya dan mempunyai waktu untuk mengkoreksi kembali pekerjaan saya. 



https://mediaakses1.blogspot.com/

Mengapa Anda tertarik untuk bergabung bersama kami ?


Pertanyaan ini menghendaki pewawancara untuk mengetahui motivasi Anda. 

Jawaban :
Saya ingin bergabung dengan perusahaan ini dan memberikan kontribusi yang baik karena saya menganggap perusahaan ini adalah perusahaan yang besar dengan dan bergerak dalam bidang pelayanan publik. Oleh karena itulah, saya merasa karier saya akan berkembang dengan bekerja di perusahaan ini.


Baca Juga :

4 Kategori Perusahaan yang membutuhkan Data Denter


Mengapa perusahaan kami harus menerima Anda ?


Pertanyaan ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk mempromosikan diri Anda di depan pewawancara. Ceritkan alasan – alasan tersebut dengan logis.

Jawaban :
Saya adalah orang yang memiliki pengalaman yang sangat banyak dalam bidang programmer komputer. Perusahaan tidak memerlukan waktu yang lama lagi untuk memberikan saya pendidikan dan pelatihan karena saya telah menguasainya. Oleh karean itu, saya kira menerima saya adalah keputusan yang tepat bagi perusahaan.

Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami ?


Pewawancara ingin mengetahui seberapa besar keinginan Anda mendapatkan pekerjaan ini. Oleh karena itu, sebelum wawancara lakukanlah research tentang perusahaan tersebut seperti profile, pimpinan dan lain – lain. 

Jawaban :
Perusahaan ini adalah salah satu perushaan yang terbesar di negeri ini dan bergerak dalam bidang pelayanan masyarakat. Perusahaan ini berdiri pertama kali pada tahun 1978 oleh beberapa orang yang menjadi dewan direksi. Hingga kini perusahaan ini dipimpin oleh Bapak Sutedjo sebagai manager utama. 


Mengapa Anda keluar dari pekerjaan Anda sebelumnya dan apa pendapat Anda tentang pimpinan yang lama ?


Jika Anda memiliki pengalaman kerja, Akan ditanyakan pertanyaan tersebut. Jawablah dengan jujur janganlah mengucapkan hal – hal negative tentang pekerjaan dan bos Anda sebelumnya.

Baca Juga :

Cara Mengaktifkan Fitur Karaoke dari Indihome Terbaru



Jawaban :
Saya menganggap sudah waktunya bagi saya untuk mengembangkan karier saya di tempat lain setelah 3 tahun bersama mereka. Saya perlu athmosphere dan tantangan – tantangan baru karena saya masih muda. Bos saya adalah orang yang sangat hebat dan saya mengagumi kepribadian beliau, sampai saat ini pun saya masih berhubungan baik dengan mereka.

Jika Anda diterima di perusahaan ini, berapa bayaran yang Anda harapkan ?


Sebutkanlah jumlahnya dengan realistis dan beritahu pula berapa Anda di bayar di perusahaan sebelumnya. Tetapi lebih baik lagi jika Anda mengajak perushaan untuk mendiskusikannya.

Jawaban :
Saya menganggap perusahaan ini sangat realistis dan loyal dalam memberikan bayaran kepada karyawannya. Saya yakin perusahaan akan membayar saya sesuai dengan pekerjaan say

Related Posts

No comments:

Post a Comment